3 Model Asus Zenfone 3 Terlihat Di GFX Bench

Setelah sukses meluncurkan smartphone Zenfone 2 dengan prosesor Intel, kini Asus dikabarkan siap meluncurkan penerus Zenfone 2. Belakangan ini memang bocoran soal penerus Zenfone 2 terus bermunculan. Setelah kemunculan sebuah render Zenfone 3 dan Zenfone 3 Deluxe, kini terungkap tiga model Zenfone 3 di situs GFXBench.

Zenfone 3 GFX Bench

Sebelumnya, rumor tentang kehadiran Zenfone 3 sendiri sudah terdengar sejak akhir tahun lalu. Pada rumor tersebut dikatakan bahwa Asus tengah menggarap ponsel penerus Zenfone 2 agar dapat diluncurkan sebelum masuk paruh kedua 2016. Dan semakin mendekati paruh kedua tahun 2016, bocoran tentang Zenfone 3 pun mulai bermunculan.

Kali ini bocoran muncul dari situs GFXBench yang menampilkan data dari sejumlah varian Zenfone 3. Pada situs tersebut, ketiga model itu memiliki perbedaan pada ukuran layar yang diusung. Varian tersebut terdiri dari layar 5,5 inci dengan resolusi HD, kemudian layar 5,5 inci dengan resolusi FHD, dan varian 6 inci dengan resolusi FHD.

Jika selama ini Asus terlihat lengket sekali dengan produsen prosesor Intel, dan menggunakan chipset Intel pada handset-nya, maka kali ini Asus lebih memilih chipset buatan Qualcomm untuk handset selanjutnya. Tentu penggunaan chipset Qualcomm bukan tanpa alasan, karena banyak komplain tentang handset Asus yang menggunakan chipset Intel mengalami panas yang berlebih.

Seperti yang dilaporkan Gizchina, Selasa (5/4/2016), chipset yang digunakan oleh Zenfone 3 yakni Snapdragon 615 dan 650. Keduanya memiliki prosesor octa core serta memiliki GPU Adreno 405 dan 510. Selain itu, ada juga RAM berkapasitas 3 GB dan fitur NFC pada ketiga model ponsel tersebut.

Namun memingingat banyak sekali varian yang dikeluarkan Asus pada setiap tipe, maka besar kemungkinan Asus masih menyediakan varian chipset Intel pada Zenfone 3. Kedua chipset Qualcomm yang digunakan Asus khusus untuk perangkat mid-end. Namun kemungkinan Asus juga bakal bermain dengan chipset Snapdragon 820 seperti kebanyakan smartphone flagship lainnya.

Namun bocoran ini belum dapat dipastikan seutuhnya. Untuk menjawab hal tersebut, kita harus menunggu hingga Asus memperkenalkan ketiga smartphone tersebut pada ajang Computex 2016 yang digelar di Taiwan bulan depan.