Asus Luncurkan GeForce GTX 980 Ti STRIX Gaming Ice

Meski rumor akan kehadiran pengolah grafis terbaru dari Nvidia dengan arsitektur yang diberi nama Pascal terus bermunculan di dunia maya, tidak menyurutkan keinginan para vendor untuk merilis kartu grafis dengan arsitektur Maxwell yang sudah lebih dari setahun lamanya sejak dirilis. Seperti salah satunya adalah Asus yang baru saja merilis jajaran GeForce GTX seri 900.

Setelah beberapa waktu lalu Asus merilis varian GeForce GTX 950 yang tidak menggunakan power tambahan, kali ini giliran Asus merilis jajaran kartu grafis high-end dari Nvidia, GeForce GTX 980 Ti STRIX Gaming Ice. Dilansir dari WCCFtech, Jumat (11/3/2016), bahwa VGA card ini dikhususkan bagi gamer dan para overclocker.

GeForce GTX 980

Dikatakan demikian karena Asus GeForce GTX 980 Ti STRIX Gaming Ice ini tidak menggunakan pendingin kipas, namun menggunakan pendingin air. Asus bekerja sama dengan Bitspower selaku spesialis perangkat pendingin air untuk komputer, yang mana Bitspower menyelimuti bagian depan dari VGA card ini dengan water block penuh hampir menutupi seluruh board. Tidak ketinggalan ada logo khas dari Asus STRIX yaitu mata dari burung hantu.

Menariknya adalah, water block ini juga dilengkapi dengan LED warna-warni yang dapat diganti sesuai dengan keinginan para penggunanya, dari merah, biru, hijau, tosca, dan masih banyak lainnya. Bahkan ukuran dari Asus GeForce GTX 980 Ti STRIX Gaming ICE ini bisa dikatakan lebih kecil dibandingkan dengan GeForce GTX 980 Ti pada umumnya.

GeForce GTX 980

Untuk spesifikasinya, Asus GeForce GTX 980 Ti STRIX Gaming Ice ini hampir sama dengan varian GeForce GTX 980 Ti STRIX dari Asus sebelumnya, hanya saja pada versi ini terdapat dua pengaturan profil yang dapat diganti secara instan. Yang pertama ada gaming mode, dimana base clock angka 1.190MHz dan boost clock diangka 1.291MHz, lalu ada juga overclock mode, yang mana base clock ini menyentuh angka 1.216MHz dan boost clock diangka 1.317MHz. Tidak ketinggalan Asus juga sedikit menambah memory clock dari VGA card ini menjadi 7.200MHz dari bawaan Nvidia yang berada diangka 7.000MHz

Dengan berbekal 14 Phase PWM dan komponen berkualitas tinggi, Asus yakin VGA card ini dapat digeber lebih kencang dari profile default overclock mode. Apalagi dengan penggunaan pendingin air yang berguna menekan suhu panas yang ditimbulkan, pastinya Asus GeForce GTX 980 Ti STRIX Gaming Ice ini mampu lebih kencang.

Kabarnya sendiri Asus GeForce GTX 980 Ti STRIX Gaming Ice ini bakal dirilis dalam waktu dekat. Untuk kisaran harga, banyak prediksi bahwa kartu grafis ini bakal dibanderol dengan harga 899 USD atau sekitar 12 juta Rupiah untuk pasar Amerika Serikat.